Prof. Ir. Roy Sembel, MBA.,Ph.D

Penulis

Prof. Ir. Roy Sembel, MBA.,Ph.D

Sebuah BIOGRAFI dari Pakar Manajemen Ekonomi Keuangan & Investasi

Pewawancara & Penulis: ALVIN B. G. RATAG

Krisis terjadi terutama karena sekitar 90 persen manusia hanya menggunakan 10 persen dari kapasitas dalam dirinya pada 90 persen waktu yang dimilikinya. Itulah pendapatdari Prof. Roy Sembel, Doktor Ahli Ekonomi Keuangan Perusahaan. Tidak usah banyak-banyak, kalau bisa menggunakan 20 persen saja dari kapasitasnya, manusia akan menaikkan apa yang didapatnya dua kali lipat dari rata-rata hasil. Dengan demikian, krisis akan tertanggulangi. Persoalannya, bagaimana caranya sehingga angka 10 persen itu bisa dinaikkan?

Coba tanya pada Professor Roy Sembel, Doktor Ahli Ekonomi Keuangan Perusahaan (Corporate Finance) lulusan The Joseph M Katz Graduate School of Business University of Pittsburgh, Amerika Serikat. Menurut dia, itu harus melalui pendidikan dalam arti luas. Pendidikan yang dimaksud oleh Roy Sembel adalah  pendidikan yang bersifat Holistik. Professor Roy Sembel berpendapat bahwa pendidikan semestinya bukan hanya mengasah kemampuan analisis atau kecerdasan otak (Intelligence Questient/IQ), akan tetapi, pendidikan harus secara seimbang mengembangkan Kecerdasan Kreatifitas (Creativity Quotient), Kecerdasan Emosional (Emotional Quotient) dan Kecerdasan Spiritual (Spiritual Quotient).

Melihat besarnya peluang untuk meningkatkan sukses manusia melalui pembelajaran yang lebih seimbang, ayah dari empat orang anak ini kemudian menetapkan pendidikan sebagai tantangan yang digeluti.

“Saya ingin memberikan kontribusi pada dunia dan kemanusiaan melalui bidang ini,salah satunya dengan berupaya meningkatkan kecerdasan keuangan keluarga atau masyarakat,” kata lelaki kelahiran Jakarta, 10 Juli 1964 ini.

Roy Sembel dikukuhkan sebagai Guru Besar pada Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta pada tanggal 23 Juli 2005. Ia menetapkan misi hidupnya: “Ingin menjadikan dunia ini sebagai tempat hidup yang lebih baik bagi semua orang melalui pendidikan dalam arti luas.”

Untuk menjalankan misinya, suami Ny. Vivi Yuanita Lapian ini selain berkecimpung di dunia pendidikan formal juga aktif dalam berbagai bentuk pembelajaran alternatif di luar sekolah. Ia menulis di berbagai media massa, menjadi Narasumber dalam banyak acara televisi dan radio, menjadi Narasumber dalam Perencanaan

Keuangan Keluarga, ikut memelopori Tim Olimpiade Fisika Indonesia (bersama Prof. Yohannes Surya), menjadi Moderator Internet Groups (yahoogroups), dan banyak kegiatan pendidikan lainnya.

Pendekatan yang dilakukannya adalah melalui filosofi WISDOM yang katanya adalah pendekatan dari: Watak (kenali kekuatan dan kelemahan diri dan situasi lingkungan saat ini), Ingin (tetapkan tujuan secara SMART/Specific, Measurable, Actionable, Realistic Based, Time Bound), Siasat (memetakan strategi untuk bertolak dari W menuju I), Didik (kembangkan diri sebagai manusia pembelajar), Otak/Otot (lakukan kerja lebih cerdas dan lebih keras), Manajemen/Monitor (kelola secara terukur sumber daya berupa aset, waktu, hubungan dan kesehatan) secara optimal dan monitor hasil pelaksanaan dibandingkan dengan rencana semula.

Lulusan Terbaik

Kawan-kawan mengenal Roy sebagai Siswa yang cerdas, selalu menempati peringkat pertama/lulusan terbaik, dari saat SD sampai menyelesaikan S3. Gelar Sarjana Statistik dengan predikat cum laude diperoleh Roy Sembel saat lulus pada Fakultas MIPA Institut Pertanian Bogor (IPB). Setelah itu, ia melanjutkan pendidikan ke jenjang S2 di Rotterdam School of Management Erasmus University dan The Wharton School University Pennsylvania,

Philadelphia, Amerika Serikat. Gelar S3 (Doktor) diraihnya dengan predikat cum laude di The Joseph M Katz Graduate School of Business University of Pittsburgh, Amerika Serikat.

Roy Sembel saat ini menjadi Dosen di banyak perguruan tinggi di dalam dan di luar negeri. Di dalam negeri, ia mengajar di Fakultas Ekonomi UKI, Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan, Universitas Bina Nusantara, Unila Lampung, Unsrat Manado, Universitas Surabaya, Unud Denpasar, UK Petra dan Unpad. Meskipun tempat utamanya di UKI, Roy dipercaya menjadi Direktur Program Pascasarjana Universitas Bina Nusantara, dan sejak Januari 2009 sampai Juli 2010 ia menjadi Dekan Sekolah Bisnis dan Direktur Program Pascasarjana Universitas Pelita Harapan Jakarta.

Selain di Indonesia, Roy juga telah memberikan Kuliah Umum di 28 universitas yang tersebar di enam negara, seperti: Jepang, Korea Selatan, Filipina, Hongkong dan Thailand. Di samping itu, Roy telah menulis sedikitnya 1000 artikel di berbagai media massa dan menulis serta menerjemahkan 30 buku di bidang Keuangan, Manajemen, Pasar Modal, dan sebagainya.

Mengomentari terbitnya surat keputusan pengangkatan dirinya sebagai Professor atau Guru Besar tertanggal 1 Mei 2005,

Roy mengatakan sangat bangga mendapatkan kehormatan tersebut. “Saya bangga. Karena menjadi Guru yang baik atau pembelajaran adalah obsesi saya,” kata Roy Sembel yang sejak 2010 sampai sekarang dipercayakan menjadi Direktur PT.Bursa Berjangka Jakarta.

Prof. Ir. Roy Sembel, MBA,Ph.D

Pendidikan            :    IPB, Bogor, FMIPA, Major: Statistik, Minor: Economics; Ir. Best Graduate, Cum Laude (1982-1986);  Rotterdam School of Management, Erasmus University Rotterdam and The Wharton School, University of Pennsylvania Philadelphia, USA, MBA, Finance/Banking, Best Graduate, With Honours (1988-1990); J. M. Katz Graduate School of Business, Universityof Pittsburgh; Major: Corporate Finance; Minor: Econometrics; PhD: GPA 4.0/4.0 Dissertation “IPO Anomalies, Truncated Excess Supply, and Heterogeneous Information” (1991-1996).

Pengalaman Kerja: Assisten Dosen, FMIPA, IPB (1984-1987); Bekerja di ABN Bank, European  Treasury Department, Amsterdam (1990); Corporate Banking: ABN AMRO Bank Amsterdam (1990-1991);  Assisten Dosen, University of Pittsburgh (1994-1996);  Co-founder Tim Olimpiade Fisika Indonesia/TOFI dan Tim Olimpiade Kimia Indonesia/TOKI (1994-2000);  Staff Ekonomi dan Keuangan di Kantor Dr. (HC). Radius Prawiro, Jakarta (1997-1998);  ACUCA Lecturer:  Japan,  South Korea, Taiwan,  Hongkong, The Philippines, Thailand (2000);  Dosen Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Indonesia (UKI) Jakarta (1987-Now);  Dosen Tamu di: IPMI, Institut PPM,  Magister  Management  University Indonesia, Universitas Sam Ratulangi Manado, Universitas Lampung, Magister Akuntansi dan Program Pascasarjana (S2 & S3) Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Universitas Pelita Harapan (1997-2001);  McKinsey & Co, Jakarta (1998-2001);  Direktur Program Magister Manajemen Keuangan Universitas Bina Nusantara, Co-founder Indonesia Learning Institute (InLine), Indonesia School of Life (InSchoOL) (2001-2006);  Komisaris Independent dan Ketua Komite Pemantau Risiko PT. Bank Niaga Tbk. (2005-2007);  Guru Besar dalam bidang: Ekonomi Keuangan, Charter Member Lembaga Komisaris dan Direksi Indonesia (2005);  Academic Expert Advisor, Universitas Ciputra Surabaya, Owner/Komisaris (PT. Mobee Indonesia) (2006);  Supervisory Committee Asian Bond Fund Indonesia (TCW Bahana/BI), Ketua Komite Sertifikasi FPSB Indonesia, Pejabat Dekan FE Universitas Multimedia Nusantara (2007); Owner/Komisaris PT. MARS Indonesia, Chief Research Officer CAPITAL Price (Capital Market, Portfolio Investment, Corporate Finance, and Economics) (2008), Dekan FE dan Direktur Program Pascasarjana Universitas Pelita Harapan (2009), Direktur PT. Bursa Berjangka Jakarta (2010-2012). Guru Besardi IPMI Jakarta.

Lain-lain              :               Menjadi Pembicara di banyak seminar di Indonesia, Amerika Serikat dan Eropa;  Telah menulis lebih dari 1000 Artikel di Kontan, Gatra, Sinar Harapan, Swa, Bisnis Indonesia, Kompas, Investor, Investor Daily, Warta Ekonomi, Manajemen & Usahawan Indonesia, Infobank, Jurnal Pasar Modal, Media Akuntansi, Dia, Bahana, Jurnal Ekonomi UKI, JAKI, JBR Scripta Ekonomica UPH, Jurnal, Sinergi MMUII, Published Books, Internet, dll.

Saat diundang menjadi Pembicara pada sebuah seminar

Bersama rekan-rekan di JFK

Bersama Menkeu dan Deputi Gubernur BI di depan Kedutaan RI di Washington DC

Saat memberikan kuliah umum di Unsrat, Manado

Bersama Prof. Saaty, Univ of Pittsburgh, May 2011

Pada acara pemberian bantuan kepada bekas almamater nya SMA 3 Jakarta

Bersama istri dan anak-anak

Penulis bersama Roy Sembel

 

 

 

12 Komentar

  1. Mener Roy paling ok…

  2. Selamat Buat ApadanSiapaOrangSulut.Com
    makin sukses dan makin banyak menampilkan
    profil-profil dari putra-putri terbaik
    yang dimiliki oleh daerah Sulawesi Utara
    tercinta…
    God Bless U..

  3. Sukses buat Bung.Alvin atas website dan bukunya.
    Torang terus menantikan karya-karya baru lainnya.
    Maju Terusss…

  4. Adolf Sinolungan

    Srd Prof Ir Roy Sembel, MBA, PhD.
    Anda sebaya dgn putra-putri saya. Saya kagum pada prestasi belajar, kerja dan pengabdian anda dlm bidang pendidikan. Anda patut diteladani.
    Pengalaman anda melimpah. Suatu panggilan dan harapan membagikan pengetahuan dan pengalaman kpd generasi penerus bangsa lebih khusus di daerah asal.
    Jangan lupa ada perguruan tinggi spt Universitas Negeri Manado di Tondano,yang patut dikunjungi.
    Saya dalam usia senja menjelang 74 tahun amat gembira membaca biografi anda sbg seorang putra Kawanua bermutu, berprestasi dan diberkati-Nya.

  5. Dewi Tandayu

    Prof Sembel cerminan kesuksesan Warga Minahasa yang memiliki daya juang dan semangat

  6. Nipur Karoba

    motivasi Prof untuk meningkatkan SDM Indeonesia harus disimak dan dipelajari. Terima Kasih Prof.

  7. Dewi Tandayu

    Membaca Biografi anda sangat memotivasi kami untuk bisa terus berpretasi…Thanks Profesor

  8. Salut buat Prof. Roy Sembel, dan terima kasih sudah mau membantu Jurnal Megadigma MM Unsrat, sayang kemarin waktu janjian tidak sempat ketemu…….salut juga buat penulis website ini…..Keren abis bro…mudah2an website ini semakin maju dan memotivasi torang2 orang Sulut untuk lebih berprestasi dan bangga karena banyak orang suksek katu dari torang pe daerah…

    God Bless U….

    • Alvin Ratag (Penulis)

      Terima Kasih Joy, semua hanya untuk satu tujuan, agar Indonesia mengenal Sulut memiliki SDM-SDM handal yang telah berjasa untuk negeri ini….

      • betul itu … soalnya selama ini torang pe kontribusi for negara kurang dihargai padahal sebenarnya cukup signifikan……Salut…terus dikembangkan…

        All the Best

        JT

  9. Merry Mangantar

    Apa yang telah dicapai oleh Prof. Roy Sembel menginspirasi saya untuk terus maju..bagitu katu…. mari baku bekeng pande…jangan cm tunjung pande.

Komentari


Semua komentar yang diberikan merupakan tanggungjawab dari pemberi komentar. Penulis berhak mengedit atau tidak menampilkan isi komentar yang dianggap tidak perlu atau memiliki unsur SARA ataupun merugikan pihak lain.

All comments given the responsibility of the poster's comments. The author reserves the right to edit or display the content of comments deemed unnecessary or has an element of racial or harm others.



+ 7 = 11

Didukung Oleh: